Selasa, 21 April 2009

Rasa Hormat dan Disukai

Free Friday !

Melanjutkan artikel yang saya tulis tanggal 1 Maret lalu tentang 12 Kualitas Utama menjadi seorang Manager yang Sukses, ternyata ada dua ( 2 ) kualitas lain yang tidak kalah pentingnya. Seperti judul diatas, untuk menjadi seorang Manager / Leader yang sukses mau tidak mau harus memiliki Respect ( Rasa Hormat ) dan Like ( Disukai / Menyenangkan ).

1. Respect
Untuk memiliki yang namanya Respect, kita tidak akan dapatkan dari luar tapi harus dari dalam diri kita karena suatu hal / tindakan / pekerjaan / prestasi yang telah kita capai. Respect juga tidak bisa kita paksakan kepada orang lain. Justeru orang lain yang akan memberikan penilaian terhadap kita apakah kita mereka pantas memberikan Respect kepada kita atau tidak.

Misalkan : Apabila kita diangkat / dipromosikan menjadi Manager / Leader karena prestasi kita ( dlm hal penjualan/produksi / kerja keras / loyalitas atau bahkan keseluruhannya ) maka secara otomatis kita akan mendapatkan/memiliki yang namanya Respect( Rasa Hormat ). Sebaliknya apabila kita dipromosikan hanya karena misalnya kedekatan kita dengan atasan ( KKN ) atau intrik-intrik, maka jangan harap anda bisa memiliki / mendapatkan Respect. Jadi kita bisa ambil satu kesimpulan bahwa yang namanya Respect ( Rasa Hormat ) itu harus kita perjuangkan dengan kerja keras, prestasi, integritas, kejujuran dan segala hal positif yang bisa mewujudkannya dan jangan harap Respect akan datang dengan sendirinya kalau kita tidak melakukan apapun untuk memilikinya.

2. Like ( Disukai / Menyenangkan )
Selain segala keahlian yang bersifat teknis ataupun manajemen, seorang Manager/Leader yang ingin berhasil harus memiliki yang disebut dengan People Skill ( Keahlian Bersosialisasi ). Tugas seorang Manager / Leader adalah untuk memanage/memimpin orang-orang dengan berbagai usia, jenis kelamin, latar belakang, ras, karakter, motivasi yang berbeda-beda. People Skill mutlak harus dimiliki karena yang kita hadapi adalah orang yang memiliki perasaan dan akan bereaksi terhadap kita. Bagaimana kita berkomunikasi dengan mereka terhadap tugas dan tanggung jawab kita agar target bisa tercapai sangatlah penting. Sebagai seorang Manager / Leader apabila kita menyenangkan dan disukai oleh para sub-ordinates maka akan jauh lebih mudah dalam pencapaian target dengan syarat kita telah memiliki Respect seperti yang saya jabarkan diatas. Untuk memiliki Like ( Disukai / Menyenangkan ) juga datang dari dalam diri kita. Sikap kita, cara bicara, pembawaan kita, perilaku dan keseharian kita akan membentuk kita apakah menjadi pribadi yang menyenangkan atau bahkan sebaliknya.

Nah, saking pentingnya kedua hal tersebut diatas, berikut ini akan saya sampaikan apa sih efek fatalnya apabila sebagai seorang Manager / Leader kita tidak memiliki Respect ataupun Like atau hanya memiliki salah satu saja.

• Apabila kita tidak memiliki Respect maupun Like, dijamin kita akan GAGAL, tanpa Respect maka sub-ordinates tidak akan mendengarkan bahkan ekstrimnya tidak akan menjalankan apa yang kita sampaikan/katakan/perintahkan kepada mereka, tanpa Like maka sub-ordinates tidak akan merasa nyaman dan tenang bekerja dengan kita yang pada akhirnya tidak akan bertahan lama dan turn over kita akan sangat tinggi, hal ini otomatis akan sangat mengganggu kinerja kita.

• Apabila kita hanya memiliki Respect tanpa Like, maka yang terjadi adalah para sub-ordinates akan mau mendengarkan dan melakukan apa yang kita perintahkan tetapi mereka tidak akan tahan lama bekerja dengan kita,mereka akan berkomentar " Memang sih Manager / Leader kita tuh hebat, jago jualan...tapi orangnya nyebelin...jadi males....dst".

• Apabila kita hanya memiliki Like tanpa Respect, maka yang terjadi adalah team kita hanya akan menjadi team hura-hura, team enjoy aja... Hal ini disebabkan segala yang kita sampaikan sebagai Manager / Leader sama sekali tidak digubris oleh sub-ordinates sehingga target tidak tercapai tetapi karena kita orang yang menyenangkan maka mereka akan tetap bertahan bekerja dengan kita, dan akan muncul komentar :"Memang sih Manager / Leader kita tuh bisanya omong doang ( omdo / NATO : No Action Talk Only ) tapi orangnya baiknya setengah mati lho...so ya udah lah...target biarin aja... nanti juga kita dibela koq kalau target nggak tercapai....dst".

Buat temen-temen calon Manager / Leader atau yang sudah menjabat, semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan / evaluasi diri untuk menjadi lebih baik dan lebih sukses. Semoga Bermanfaat...

Edy Santoso ( trainer & motivator tgf nusantara )
Posted by Eagle's Spirit at 9:01 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar